Senin, 05 Mei 2008

TIPS KESEHATAN

* Musyafa
Dimusim pancaroba seperti ini gangguan kesehatan sering datang menyatroni kita sewaktu-waktu. Flu, batuk, masuk angin adalah sahabat tak diundang yang selalu siap berkunjung. Lalu siapkah kita bergelut dengan semua itu?
Berikut ini kami sajikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempetahankan kebugaran. Semoga bermanfaat.

1. Minumlah air, terutama air putih dalam jumlah yang banyak.
Berkisar 2-3 liter sehari atau disesuaikan dengan tingkat aktifitas anda, semakin banyak aktifitas yang menguras keringat maka semakin banyak diperlukan cairan untuk mencegah timbulnya dehidrasi yang salah satu manifestasinya berupa kulit yang kering dan keriput. Selain itu air akan membantu tubuh untuk menguras racun-racun yang dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh.

2. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan hidup.
Polusi udara oleh berbagai asap dan debu dapat mengganggu fungsi pernafasan yang berakibat tidak terpenuhinya kebutuhan oksigen seluruh organ tubuh terutama otak. Salah satu tanda otak kekurangan oksigen berupa gejala menguap dan mengantuk yang tidak pada waktunya. Untuk itu gunakan masker yang bermutu bila anda berada dilingkungan yang sangat tinggi polusinya.

3. Penuhi kebutuhan gizi secara kuantitatif dan kualitatif.
Jumlahnya cukup dan bermutu tinggi. Jangan salah, bermutu tidak selalu berarti mahal. Dengan back to nature maka sayur, buah dan makanan yang segar menjadi pilihan utama. Ternyata sumber makanan nabati yang berwarna-warni, seperti pelangi mempunyai berbagai khasiat yang menyehatkan.
Hindari makanan dengan kadar lemak tinggi, makanan yang diawetkan, bahan penambah rasa-warna dan zat aditif lainnya, karena terbukti dapat menimbulkan kerusakan dan mempercepat proses penuaan. Proses memasak juga menentukan kualitas zat gizi yang kita konsumsi.
Makanan yang dimasak dengan suhu yang sangat tinggi dan dalam waktu yang lama atau berulang kali dipanaskan hanya menyisakan ampas saja bagi tubuh kita karena zat gizinya menjadi rusak.

4. Olahraga secara teratur.
Terbukti merupakan salah satu kebutuhan pokok bila anda ingin bugar dan sehat. Dianjurkn untuk olahraga 3-4 kali dalam seminggu selama 30 menit setiap kalinya. jangan lupa melakukan pemanasan, latihan inti dan cooling down agar tidak terjadi cedera otot yang berakibat timbul pegal-pegal dan nyeri sendi. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan usia dan daya tahan tubuh anda. Bagi mereka yang berusia menjelang lansia tidak dianjurkan olahraga dengan high impact dimana tingkat benturan pada sendi-sendi penopang tubuh cukup tinggi semisal aerobic.
Dengan olahraga aliran darah lancar, kebutuhan oksigen tercukupi, tulang otot terjaga kelenturannya.

5. Istirahat yang cukup dan menghadapi stress dengan cara yang tepat akan turut mempengaruhi kebugaran dan daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar: